Beramal Jariyah dengan Melakukan Infaq Online

Amal jariyah kini semakin mudah untuk kita lakukan yang salah satunya memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk infaq online. Dengan adanya aplikasi yang digunakan untuk berinfaq secara online, maka hal tersebut akan sangat membantu para dermawan yang sibuk bekerja hingga tidak sempat infaq secara langsung.

Beramal Jariyah dengan Melakukan Infaq Online

Pengertian Amal Jariyah

Amal jariyah menurut bahasa yaitu diartikan sebagai suatu perbuatan terpuji. Sedangkan pengertian amal jariyah menurut syara' yaitu sesuatu yang punya nilai dan manfaat untuk diberikan kepada orang lain dengan tujuan kemaslahatan. Selain itu tujuannya juga sebagai salah satu bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT.

Kebaikan dan juga ya tapi mainan dari seseorang pada dasarnya tidak hanya akan dipandang dari salat atau ibadah yang lainnya yang ia kerjakan saja, keimanan dan kebaikan dari seseorang juga akan dilihat dari bentuk kasih sayang yang telah Ia berikan kepada sesama manusia. Salah satu bentuk dari rasa kasih sayang kita kepada sesama manusia yaitu menginfaqkan sebagian dari harta yang kita miliki untuk jalan Allah SWT. Misalnya dengan ikut membantu membangun masjid, madrasah ataupun sedekah online bahkan anda bisa melakukan wakaf online kepada orang-orang yang sedang membutuhkan. Mewakafkan Alquran juga termasuk ke dalam bentuk kebaikan yang lainnya.

Sebagaimana yang telah difirmankan oleh Allah SWT dalam Qur'an surat Ali Imran ayat 92 yang artinya “Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.” (QS. Ali- Imron ayat 92)

Dengan demikian bisa diartikan bahwa amal jariyah merupakan salah satu bentuk dari kebaikan yang bisa mendatangkan pahala kepada yang mengerjakan dan jumlahnya cukup besar. Bahkan tersebut akan terus mengalir kepadanya meskipun ia sudah meninggal dunia sekalipun.

Bentuk Amal Jariyah

Sebagaimana yang telah Rasulullah SAW sabdakan bahwasannya sudah jelas amal jariyah itu bentuk amalan yang pahalanya tidak akan pernah terputus walaupun dirinya sudah meninggal dunia nanti. Bentuk dari amal jariyah tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

• Sedekah Jariyah

Bentuk amal jariyah yang pertama yaitu sedekah jariyah yang mana amalan ini pahalanya akan terus mengalir kepada yang mengerjakan walaupun ia telah meninggal dunia. Jadi selama apa yang ia sedekahkan tersebut membawa manfaat bagi orang lain, maka pahalanya tidak akan pernah terputus. Misalnya ketika menginfakkan sebagian hartanya untuk membangun sekolah, membangun masjid atau pun membangun jalan dan jembatan.

Sedangkan Islam sendiri tidak mewajibkan umatnya untuk melakukan infaq dalam jumlah yang besar. Akan tetapi infaq tersebut bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan masing-masing orang. Hal tersebut dikarenakan sekecil apapun yang diberikan, maka Allah SWT akan tetap memberi pahala kepadanya.

Bersedekah sendiri tak harus berupa bentuk materi, namun sedekah juga bisa diberikan dalam bentuk tenaga ataupun perbuatan yang bisa membantu lainnya. Sebagaimana hadis Rasulullah SAW yang artinya: “tiap-tiap ruas tulang manusia itu akan disedekahi (oleh pemiliknya) disetiap harinya.

Berlaku dengan adil pada dua orang yang sedang melakukan perselisihan adalah salah satu bentuk sedekah. Membantu orang yang akan naik kendaraannya atau membantunya menaikkan barang ke punggungnya merupakan bentuk dari sedekah. Mengucapkan hal-hal yang baik merupakan bentuk dari sedekah, dan menyingkirkan duri, batu atau sesuatu di jalan yang bisa menyakiti orang lain adalah bentuk dari sedekah.” (HR. Bukhari).

Lalu bagaimana dengan infaq online? Sama saja, infaq online juga akan membantu orang lain yang sedang membutuhkan sehingga pahalanya sama saja dengan infaq secara langsung.

• Ilmu yang Bermanfaat

Amal jariyah yang lainnya yaitu punya ilmu dan kemudian ia ajarkan kepada orang lain sehingga bisa bermanfaat untuk orang lain. Selama itu masih bermanfaat maka selama itulah ia akan mendapatkan pahala yang terus menerus.

• Anak yang Sholeh

Bentuk karya amal jariyah yang terakhir yaitu anak yang sholeh dan akan menjadi amal jariyah bagi orang tuanya. Punya anak-anak yang sholeh sudah pasti akan selalu mendoakan orang tuanya baik saat mereka masih hidup atau bahkan saat mereka sudah meninggal.

Nah, tidak dipungkiri bukan bahwa infaq online juga akan membawa kita pada amal jariyah yang pahalanya tidak pernah terputus bahkan ketika sudah meninggal dunia. Maka dari itu tidak ada salahnya jika kita memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk berinfak secara online.

No comments

IBX5A30CDD89508A