Fakta dan Seputar Lockdown di Indonesia untuk Cegah Virus Corona

Lockdown adalah salah satu upaya yang dilakukan dalam mencegah virus corona dan menjadi cara untuk menutup jalur masuk dan keluar dari suatu wilayah dengan pandemik. Hingga saat ini pemerintah Indonesia belum melakukan lockdown karena pertimbangan beberapa hal. Berdasarkan Jaleswari menjelaskan bahwa tidak semua negara dalam keadaan baik dalam menghadapi Covid-19 selama lockdown seperti India dan begitu juga dengan Italia yang kondisinya semakin parah. Walaupun belajar dari negara lain yang melakukan lockdown namun Presiden Indonesia tidak boleh sembarangan mewujudkan pada apa yang populer dilakukan tentu harus mempertimbangkan kondisi sosial di Indonesia.

Presiden Indonesia telah melakukan perhitungan detail terhadap efek pembatasan aktifitas pada masyarakat bawah. Berdasarkan perhitungan di Indonesia mengenai dampak ekonomi yang membuat masyarakat hanya bergantung pada pekerjaan harian. Masyarakat pada kategori ini terdampak secara langsung sehingga perlu adanya penyelamatan jiwa dan ekonomi. Secara sosial dan budaya, penduduk di Indonesia memiliki disiplin rendah dan suka berkumpul serta mayoritas bergerak untuk sektor ekonomi. Dari segi kewilayahan, Indonesia memiliki banyak pintu yang dapat membuat orang asing masuk karena memiliki ribuan pulau, termasuk pintu ilegal hal ini membuat Indonesia menjadi susah untuk lockdown nasional terutama kota yang masih menjadi lalu lintas untuk logistik antar pulau dan luar negeri.

Walaupun Indonesia tidak melakukan lockdown, namun langkah ini telah diambil oleh kota Tegal dalam menangkal virus corona. Lockdown kota Tegal telah dimulai pada 30 maret dan berakhir pada 30 juli dan membuat Tegal melakukan penutupan akses masuk dan keluar, local lockdown diharapkan mampu membatasi orang yang dari Jakarta pulang ke kampung halaman ditengah merebaknya virus dan penutupan lapangan pekerjaan hingga PHK membuat perjalanan keluar Jakarta semakin banyak dan tidak menutup kemungkinan untuk membuat penyebaran virus memasuki wilayah yang masih belum terjangkit.

Fakta lockdown di kota Tegal adalah penutupan akses keluar masuk untuk warga termasuk pendatang dan akses ini ditutup menggunakan Beton Movable Concrete Barrier yang berat sehingga tidak dapat segera digeser sembarangan. MCB ini berada pada setiap di jalan protokol dalam kota dan diberlakukan pada jalan penghubung antar desa yang telah ditutup. Kebijakan lockdown di Tegal untuk melindungi warganya dan telah memperoleh izin dari Gubernur Provinsi Jawa Tengah untuk keselamatan warganya dan kota Tegal telah masuk dalam zona merah sehingga akan berbahaya jika tidak segera mendapatkan kebijakan penanganan.

Tidak hanya menutup akses tetapi juga menutup berbagai pusat keramaian mulai dari gedung olahraga, alun-alun kota dan pusat belanja. Untuk keselamatan warga maka Tegal maka lockdown ini dilakukan walaupun masih penutupan tetapi warga masih bisa melewatinya namun harus menggunakan jalan lain dan tetap diberikan akses. Walikota Tegal telah tegas memberikan instruksi kepada masyarakat yang berada diluar kota untuk tidak mudik dan jika terpaksa pulang harus melaporkannya pada gugus Covid-19 dan akan menjalani pemeriksaan terlebih dahulu.


Fakta dan Seputar Lockdown di Indonesia untuk Cegah Virus Corona

Saran untuk tidak mudik tentu tidak sepenuhnya dipatuhi oleh warga namun jika memang pulang maka orang yang pulang harus melalui screening room. Cara ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona terutama jika pulang dari kawasan zona merah dan pada ruangan tersebut akan di semprotkan disinfectant sehingga akan mematikan virus. Kebijakan ini cukup dibenci oleh warga karena telah menutup perekonomian warga namun walaupun demikian kebijakan ini baik, walaupun secara nasional belum diberlakukan.

No comments

IBX5A30CDD89508A