5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Pemipaan Air Panas Di Rumah

Memasang pipa air panas dapat digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari rumah tangga hingga rumah sakit. Untuk mengalirkan air panas di sistem pemipaan, tentu Anda tidak bisa menggunakan pipa air biasa. 


5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasang Pemipaan Air Panas Di Rumah


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan Anda telah memilih pipa yang tepat yaitu sebagai berikut ;


Menentukan Titik Keran


Tentukan lebih dahulu di mana keran air panas tersebut akan diletakkan. Setelah mengetahui posisi keran, Anda dapat memperkirakan seberapa jauh pipa yang dibutuhkan dari sumber air panas agar dapat mengalir sampai ke keran. Hal ini nanti juga akan memudahkan Anda menentukan budget dari harga pipa air tersebut.


Memilih Pipa yang Tepat


Pipa yang cocok untuk air panas adalah pipa dari bahan PP-R dan PERT atau Polyethylene of Raised Temperature Resistance). 


Jenis pipa PERT ini memiliki bobot yang lebih ringan dan tahan suhu hingga 96 derajat Celsius. Saat ini sudah ada beberapa merek pipa di pasaran yang dapat mengalirkan air panas dengan baik tanpa menyebabkan penurunan suhu yang signifikan.


Menentukan Diameter Pipa


Ukuran pipa yang digunakan sangat berpengaruh terhadap kecepatan aliran air panas. Pipa air panas untuk bathtub memiliki ukuran standar 25 mm sedangkan pipa untuk shower, sink, dan bak mandi adalah 15 mm.


Kenali Tipe Alat Pemanas


Alat pemanas yang sering digunakan dalam sistem aliran air panas terdiri dari tipe terpusat dan tunggal. Pemanas terpusat memerlukan pipa yang lebih panjang sehingga ada kemungkinan suhu air akan menurun saat air tersebut dialirkan.


Memasang Keran Pengatur Aliran Air


Sebelum menyambungkan pipa dengan output air panas dan input air bersih, pasang stop keran terlebih dahulu. 


Untuk memudahkan masyarakat di Indonesia dalam pembuatan instalasi pemipaan air panas, Rucika telah menghadirkan seri Rucika Kelen Green. Pipa tersebut terdiri dari 3 jenis yang dikelompokkan berdasarkan jumlah tekanannya. 


• PN 20


Jenis yang pertama adalah PN 20 yang mampu menahan tekanan sampai 20 bar dan badan pipanya memiliki 4 strip merah. Harga pipa air ini paling tinggi dibandingkan dengan 2 tipe lainnya karena memiliki kemampuan yang paling baik untuk menahan panas.


• PN 16


Varian pipa yang satu ini mampu menahan tekanan sampai 16 bar. Ciri khas dari pipa ini adalah memiliki 4 strip kuning. Pipa PN 16 dapat digunakan untuk menyalurkan air panas maupun dingin.


• PN 10


Sesuai dengan namanya, pipa ini mampu menahan tekanan sampai 10 bar. Pipa ini memiliki 4 strip biru. Biasanya pipa PN 10 digunakan untuk mengalirkan air dingin.


Rucika Kelen Green adalah produk pipa PPR terbaik di Indonesia. Pipa ini terbuat dari material Polypropylene Random Type 3 yang dikenal tangguh dan dapat menahan aliran air panas.


Produk tersebut diproduksi mengikuti standar DIN Jerman yang telah memiliki sertifikat food grade. Pipa tersebut hadir dalam beberapa pilihan ukuran mulai dari diameter 20 mm sampai 160 mm.


Pipa Rucika ini tidak hanya dapat mengalirkan air panas bertekanan tetapi juga dapat digunakan sebagai pipa pendingin ruangan. 


Pipa tersebut memiliki sifat tahan terhadap bahan kimia dan juga dapat mengalirkan air siap minum karena terbuat dari bahan yang non-toxic. 


Jenis pipa ini sekarang sangat populer digunakan untuk rumah sakit, apartemen, hotel, hingga skala industri karena kualitasnya yang handal.


Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, Rucika telah menjadi salah satu merek pipa air panas terbaik yang ada di Indonesia saat ini. 


Selain itu harga pipa air Rucika juga sangat terjangkau sehingga dapat digunakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

No comments

IBX5A30CDD89508A