Keuntungan Deposito VS Saham dan Investasi yang Fluktuatif Lainnya

Keuntungan Deposito VS Saham dan Investasi

https://www.pexels.com/id-id/foto/karyawan-wanita-rekan-kerja-yang-bekerja-bersama-dalam-proyek-3831890/

Instrumen investasi satu dengan yang lain punya sisi keuntungannya masing-masing. 


Semua itu tergantung dengan tujuan keuangan, apakah untuk mendapatkan keuntungan besar, atau untuk menjaga nilainya untuk masa depan. Itulah yang mendasari deposito dengan instrumen investasi lainnya.


Untuk deposito menjadi instrumen yang paling minim resiko dengan keuntungan tetap. Berbeda dengan instrumen investasi saham, valas, dan yang lainnya. Karena nilainya sangat fluktuatif dengan risiko yang besar.

Nah, berikut ini perbedaan antara simpanan berjangka dengan instrumen investasi yang fluktuatif, seperti saham, valas, emas, dan yang lainnya.


Sisi Jaminan Keamanan


Jika melihat dari sudut pandang jaminan keamanan pastinya, simpanan berjangka lebih unggul dibandingkan dengan investasi lainnya. 


Adanya Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS akan menjamin uang kamu, bahkan ketika bank mengalami kebangkrutan.


Nilai jaminan yang diberikan oleh LPS ini cukup besar, yaitu Rp 2 miliar. Bagi para pemuda yang baru mulai berinvestasi tentunya memberikan rasa aman yang sangat tinggi.


Berbeda dengan instrumen seperti saham, valas, bahkan hingga obligasi. Karena nilai yang fluktuatif, tidak sedikit orang yang panik kemudian membuat semua modal pokoknya tertelan grafik yang negatif.


Jika hal itu, terjadi investor tidak bisa berbuat apa-apa. Kamu harus merelakan semua modal yang kamu tanamkan tersebut. 


Sisi Resiko yang Didapat


Terkait dengan risiko, deposito memiliki bunga tetap. Rata-rata bunga deposito yang bisa kamu dapatkan mencapai 5%. Sehingga kamu bisa mendapatkan return yang tetap setiap jangka waktu tertentu, sesuai dengan kesepakatan. 


Resiko dari tabungan berjangka ini hanya ketika kamu ingin mengambil uang sebelum masa tenor. Ketika hal itu kamu lakukan, kamu akan terkena sanksi. 


Namun kamu juga tidak perlu khawatir, karena nilainya sanksinya juga tidak lantas membuat kamu rugi.


Apalagi sekarang ini ada bank yang menerapkan zero penalty, yang berarti kamu tidak akan mendapatkan denda. Hanya saja, kamu tidak akan mendapatkan keuntungan dari bunga.


Tentu saja, hal itu berbeda dengan saham atau valas. Risiko sangat besar, apalagi jika ternyata kondisi ekonomi juga terpuruk. Bisa jadi semua modal kamu habis tertelan nilai yang sangat fluktuatif tersebut.


Namun, risiko yang tinggi tersebut jika kamu berhasil melewatinya, kamu juga akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Return yang bisa kamu dapatkan bahkan bisa melebihi 100%.


Sisi Peluang Keuntungan


Hal ini berkaitan dengan risiko yang dimiliki oleh masing-masing instrumen investasi. Untuk deposito memiliki zero risk, yang artinya kamu akan mendapatkan keuntungan yang kecil dan tetap.


Di sisi lain, instrumen seperti saham, punya high risk yang memberikan peluang keuntungan besar. 


Tapi kondisi sebaliknya lebih banyak terjadi, hingga membuat tidak sedikit investor dalam instrumen ini mengalami kerugian besar. Untuk mengatasi hal tersebut, tentunya kamu harus benar-benar memahami cara kerjanya.


Sisi Tujuan Investasi


Tujuan investasi inilah yang bisa menyelamatkan kamu dari tantangan keuangan di masa depan. Untuk simpanan berjangka, jangka waktu yang panjang jelas menjadi prioritas utama. 


Kamu bisa belajar untuk memperkuat komitmen dengan sistem investasi ini.


Mau tidak mau, kamu harus mengikuti komitmen awal, bahwa tabungan tidak akan bisa diambil sebelum waktunya. Komitmen ini tentunya akan berdampak sangat positif dalam pengelolaan keuangan.


Sedangkan untuk investasi dalam bentuk saham, valas, obligasi, reksadana, atau instrumen yang fluktuatif lainnya harus benar-benar jelas dalam menetapkan tujuan keuangan.


Kamu harus tahu kapan saatnya untuk menambah modal, atau juga menariknya. Karena faktor analisis harus lebih dikedepankan dalam instrumen-instrumen investasi tersebut.


Bagi kamu yang baru mulai belajar, tabungan berjangka akan lebih tepat untuk dipilih. Apalagi sekarang ada produk deposito online yang bisa digunakan kapan saja. Terutama produk dari digibank by DBS, sebagai bank digital terdepan di Indonesia.


4 USP Produk Deposito dari digibank by DBS


USP atau keunggulan produk dari digibank by DBS ini sebagai berikut:


Untuk bisa mendaftar kamu cukup menggunakan Aplikasi digibank by DBS dengan akses 24/7 yang selalu siap kapanpun kamu inginkan.


Bunga yang disediakan sangat kompetitif, yaitu hingga 4,5% per tahun.


Untuk memulai, kamu cukup menyetor Rp 1 juta saja.


Jangka waktu simpanannya sangat fleksibel, mulai dari 1 bulan.


Perbedaan mendasar antara deposito dengan instrumen investasi lainnya ini tentunya memberikan gambaran yang lengkap bagi kamu yang ingin mulai berinvestasi. 

Apalagi dengan bermitra bersama digibank by DBS, tentunya akan semakin memudahkan kamu untuk mengelola keuangan untuk masa depan yang penuh tantangan.

No comments

IBX5A30CDD89508A