Ternyata Simple! Ini 3 Tipe Produk Wajib Skincare Pria


 

Author: Farah Ramadhani


Merawat kulit wajah merupakan rutinitas yang seharusnya dilakukan oleh semua orang terlepas dari gender. Namun, pengguna skincare saat ini masih didominasi oleh para perempuan. Padahal, saat ini Anda bisa memilih skincare pria dari beberapa brand skincare terbaik yang bisa didapatkan dengan mudah di berbagai marketplace.


Berbagai jenis produk yang tersedia memang terkadang membuat kita bingung. Namun, jika Anda baru akan mulai merawat wajah, lebih baik gunakan terlebih dahulu skincare sesuai kebutuhan. Lantas, apa saja produk skincare yang dibutuhkan pria? Simak penjelasannya di bawah ini.


Produk Pembersih Wajah


Membersihkan wajah merupakan hal terpenting untuk mencegah penumpukan kotoran dan debu dalam pori-pori kulit. Terpapar debu dan polusi dari beraktivitas seharian tentu membuat wajah Anda kotor. Karena itu, produk sabun pencuci muka wajib Anda gunakan saat malam hari. 


Namun, beberapa ahli kulit menyarankan untuk membersihkan wajah dengan air saja di pagi hari. Hal ini karena minyak yang diproduksi di pagi hari baik untuk menjaga kulit tetap lembab.


Sebagai produk skincare lokal terlaris, MS Glow memiliki produk pembersih wajah yang patut Anda coba. Menariknya, produk facial wash ini juga bisa digunakan sebagai masker. Jadi, Anda bisa menghemat waktu memakai masker sembari membersihkan wajah.


Produk Repairing


Tanpa kita sadari, kulit kita telah “rusak” akibat terlalu sering terpapar radikal bebas yang tidak dapat dihindari. Radikal bebas ini dapat membawa dampak negatif pada tubuh kita, termasuk penuaan dini.


Radikal bebas dapat ditemukan di lingkungan dekat pabrik dengan udara yang kotor, asap kendaraan bermotor, asap rokok, dan UVA serta UVB dari sinar matahari. Semua aspek di atas tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, apalagi bagi Anda yang bekerja di lapangan.


Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mencegah dan memperbaikinya. Dalam step kedua skincare pria ini, Anda bisa memakai serum antioksidan atau vitamin C untuk mengurangi dampak negatif dari terpapar radikal bebas. 


Brand lokal Somethinc memiliki berbagai produk antioksidan yang bisa Anda pilih. Jenisnya pun beragam, mulai dari toner, serum, hingga sheet mask. Kandungannya pun ringan sehingga cocok untuk Anda yang baru mulai memakai skincare.


Pelembab dan Sunscreen


Seperti yang disebutkan diatas, bahaya radikal bebas untuk kulit dapat dicegah dengan menggunakan produk tertentu. Sunscreen adalah salah satunya. Anda setidaknya perlu produk dengan SPF 30 untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari.


Sunscreen tidak hanya digunakan saat Anda harus bekerja di lapangan, tetapi setiap hari saat Anda harus keluar rumah dan terkena cahaya matahari. Produk ini dapat Anda gunakan setelah mencuci muka dan menggunakan serum.


Mungkin banyak dari Anda yang tidak punya cukup waktu untuk memakai krim sunscreen di pagi hari. Tenang, brand lokal terlaris, MS Glow, memiliki sunscreen spray yang praktis untuk digunakan di pagi hari.


Untuk malam hari, Anda tidak perlu menggunakan sunscreen. Pakailah pelembab setelah membersihkan wajah agar kulit Anda tetap terhidrasi dan terjaga hingga pagi hari. 


Tips Memilih Skincare Laki-laki


Setelah mengetahui jenis produk apa yang harus dibeli, bagaimana cara menentukan brand apa yang cocok untuk Anda? Sebagai pemula dalam dunia skincare, memilih produk yang cocok memang membutuhkan banyak pertimbangan. Berikut tips memilih skincare pria untuk Anda.


1. Ketahui Tipe Kulit Wajah


Produk skincare umumnya diformulasikan untuk berbagai tipe kulit. Ada tiga jenis tipe kulit wajah, yaitu tipe kulit berminyak, kering, dan sensitif. Namun, Anda juga bisa memiliki tipe kulit kombinasi, yaitu beberapa daerah berminyak dan kering di daerah lain.


Ada satu cara mudah untuk mengetahui tipe kulit wajah Anda. Caranya, bersihkan wajah Anda menggunakan sabun pembersih, keringkan, lalu biarkan selama 30 menit tanpa memakai tambahan produk apapun.


Jika kulit wajah Anda mengkilap, maka tipe kulit Anda termasuk berminyak, tapi jika kulit Anda terasa seperti tertarik hingga terdapat kulit yang terkelupas, maka Anda termasuk tipe kering. Jika di bagian hidung Anda mengkilap, tetapi di bagian pipi atau dagu kering, maka kulit wajah Anda adalah kombinasi.


Sedangkan, tipe kulit sensitif dapat diketahui jika wajah Anda sering terdapat kemerahan atau bahkan muncul jerawat setiap mengkonsumsi makanan atau memakai produk tertentu. Anda akan sedikit kesulitan mencari produk yang cocok jika memiliki tipe kulit ini.


Setelah mengetahui tipe kulit wajah Anda, carilah produk yang sesuai. Umunya, brand skincare akan menampilkan produk mereka sesuai dengan tipe kulit apa. Misalnya, brand lokal terlaris kedua, Scarlett, memiliki moisturizer khusus untuk kulit sensitif. Sedangkan, brand terlaris berikutnya, Somethinc, memiliki serum untuk tipe kulit kering.


2. Abaikan Kemasan Produk


Jangan terpaku pada skincare khusus pria saja. Semua skincare sebenarnya unisex atau cocok untuk pria maupun wanita. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan saja. 


Hal terpenting adalah menghindari produk dengan parfum atau fragrance yang terlalu kuat. Kebanyakan produk skincare yang diklaim khusus untuk pria cenderung mengandung fragrance yang tinggi. Zat ini malah dapat membuat kulit Anda kering, bahkan menyebabkan reaksi alergi bagi tipe kulit sensitif.


Oleh karena itu, jangan tertipu oleh kemasan produk. Misalnya, serum Scarlett memang dikemas dengan warna pink yang identik dengan perempuan. Namun, kandungan anti-acnenya ampuh untuk mengatasi jerawat. Jadi, daripada memilih berdasarkan warna kemasan, pilihlah skincare dengan kandungan yang baik.


3. Periksa Garis Keturunan Anda


Tahukah Anda jika garis keturunan juga berpengaruh besar pada tipe kulit wajah? Jika orang tua Anda memiliki kulit wajah sensitif, maka potensi Anda memiliki tipe kulit yang sama sangat besar. Saat mencari tahu tipe kulit wajah Anda, memeriksa garis keturunan sangat membantu, lho.


Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika menyatakan bahwa sebagian besar orang Asia memiliki masalah kulit wajah sensitif dan memiliki pigmentasi yang tidak merata. Karena itu, sangat disarankan bagi orang Asia untuk memakai skincare dengan kandungan vitamin C dan selalu menggunakan sunscreen.


4. Eksperimen


Mencari skincare yang sesuai memang tidak mudah. Mau tidak mau, Anda harus melakukan eksperimen sendiri dalam mencari produk yang cocok. Akan lebih baik jika Anda memilih brand skincare lokal karena kandungannya sudah disesuaikan dengan kulit orang Indonesia.


Namun, tidak menutup kemungkinan Anda juga cocok dengan brand Internasional seperti Loreal, Some by Mi, dan lain sebagainya. Sebagai tips, carilah skincare yang menyediakan sample produk sebelum Anda mengeluarkan uang untuk membeli produk full size. 


Sudahkah Anda tertarik untuk memulai skincare? Anda bisa mencari produk yang cocok dengan melihat daftar brand skincare lokal terlaris tahun ini. Larisnya produk tersebut membuktikan bahwa banyak orang yang cocok dengan kandungannya. 

Jangan lupa sesuaikan kandungan produk skincare pria sesuai kebutuhan Anda, ya. Sebagai awal, pakailah produk yang esensial seperti pembersih wajah, serum, sunscreen, dan pelembab, lalu tambahkan produk lain sesuai kebutuhan seperti toner, ataupun serum dengan kandungan lain. Semoga Anda bisa menemukan skincare yang cocok, ya!


No comments

IBX5A30CDD89508A